top of page
Search
  • karinakarim159

Mengkampanyekan Suatu Produknya dengan Promosi



Promosi merupakan salah satu alat kegiatan pemasaran yang digunakan untuk mengkampanyekan suatu produknya. Setiap perusahaan akan memiliki strategi yang berbeda untuk memenangkan perhatian pasar sasaran. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial. Promosi yang digunakan juga akan berpengaruh pada ketertarikan segmen pasar dan juga diperlukan biaya yang berbeda pula. Ada lima bauran promosi yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk membangun komunikasi pemasaran (Kotler & Keller, 2006, hal. 266-267), yaitu :


1. Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Strategi ini digunakan untuk mendapatkan respon yang lebih cepat dan kuat kepada target pasar. Kegiatan ini biasanya dilakukan saat penjualan suatu produk mulai mengalami penurunan. Dalam membangun komunikasi dengan target pasar, produsen akan lebih mengarahkan dan mengajak untuk membeli produk tersebut dengan melakukan penawaran-penawaran yang menarik.


2. Personal Selling (Penjualan Personal)

Strategi melalui alat ini dapat membangun keyakinan konsumen untuk membeli produk dari pemasar karena komunikasi yang dilakukan secara langsung sehingga akan memudahkan pembeli atau konsumen untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.


3. Public Relations dan Publicity (Hubungan Masyarakat dan Pemberitaan)

Humas akan mampu menjaring target pasar dengan komunikasi komunikasi yang efektif dan menarik. Sedangkan berita-berita atau

pendukung lainnya dapat meningkatkan kredibilitas produsen

dimata target pasar.


4. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Pemasaran langsung ini umumnya menggunakan media seperti telemarketing, katalog, pemasaran lewat telepon, e-mail, mesin fax, sms dan lainnya. Namun perkembangan media yang semakin canggih saat ini banyak dimanfaatkan pemasar untuk menjual produknya.


5. Advertising (Periklanan)

Strategi menggunakan media periklanan ini dapat membantu membangun citra dalam jangka panjang suatu produk tertentu dan dapat memicu penjualan yang cepat. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial. Pemilihan media periklanan juga akan berpengaruh atas penjualan suatu produk, maka dari itu dibutuhkan strategi pemilihan media yang tepat untuk mencari perhatian target pasar sehingga produsen atau pemasar dapat membangun merek yang kuat.

4 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page